Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar

LAPORAN

KULIAH KERJA PROFESI

PADA DINAS PEKERJAAN UMUM

KOTA MAKASSAR

Oleh.

H E N D R A  A Z I S

10573 684 07

JURUSAN AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

MAKASSAR

2010


Lembar Pengesahan

Laporan Kuliah Kerja Profesi

Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Universitas Muhammadiyah Makassar

Telah diperiksa dan disetujui oleh Pembimbing :

Nama                           :           Hendra Azis

Stambuk                      :           10573 684 07

Jurusan                        :           Akuntansi

Dosen Pembimbing

Edi Jusriadi, SE.,MM.

NBM  : 103 8166

Pembimbing Lapangan

Muh. Nurdin, S.Sos.

Pangkat : Penata Tk. I

Nip. 19631005.199006.1.001

Mengetahui

Dekan Fakultas Ekonomi

Universitas Muhammadiyah Makassar

Hj. Lilly Ibrahim, SE.,M.Si.

NBM. 904976

KATA PENGANTAR


Yang pertama tak lupa penulis ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT serta junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga laporan Kuliah Kerja Profesi (KKP) ini dapat terselesaikan dengan baik, selama kurang lebih dua bulan lamanya.

Dalam penyusunan laporan ini, berbagai cobaan ditemui maupun kesulitan, rintangan dan hambatan yang penulis temui sejak dari awal pembuatan laporan ini hingga menjelang penyelesaiannya tetapi dapat teratasi berkat bantuan dari semua pihak. Untuk itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya terutama kepada yang terhormat.

1.             Ibu Hj. Lilly Ibrahim, SE.,M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Makassar.

2.             Bapak Andi Arman, SE., M.Si.,Ak selaku Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Makassar.

3.             Bapak H. Sultan Sarda, SE.,MM selaku Ketua Panitia Pelaksana Kuliah Kerja Profesi (KKP) Angkatan III Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Makassar.

4.             Bapak Edi Jusriadi, SE.,MM selaku dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan kepada kami selaku Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP).

5.             Bapak Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar.

6.             Bapak Muh. Nurdin, S.Sos dan Hamka Darwis, SH. selaku pembimbing lapangan tempat dilakukannya Kuliah Kerja Profesi (KKP).

7.             Buat rekan-rekan pegawai dan mahasiswa jurusan akuntansi 2007 serta sahabat-sahabat yang telah membantu sehingga laporan ini dapat terselesaikan.

Semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis dan setiap orang yang membacanya dan mudah-mudahan mendapat balasan yang berlimpah.

Dan akhirnya semoga Allah SWT memberikan yang terbaik kepada kita semua.

Billahi fii sabilil haq

Fastabiqul khaerat

Assalamu ‘alaikum Warahmatulahi Wabarakatu.

Makassar, 30 Agustus 2010

Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai unit dari lembaga pendidikan tinggi senantiasa berupaya untuk menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing (Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi). Demi tercapainya tujuan tersebut, berbagai upaya telah dilakukan seperti penyediaan sarana perkuliahan dan kurikulum yang memadai.

Salah satu penyedia kurikulum yang memadai tersebut, dibuatlah suatu program intra-kulikuler yaitu Kuliah Kerja Profesi (KKP). Kuliah Kerja Profesi secara khusus selain sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana bagi mahasiswa, mengenai dunia kerja yang sesungguhnya agar dapat melihat, membandingkan dan mempraktekkan teori-teori yang didapat pada bangku perkuliahan. Program ini dilaksanakan dua bulan di instansi-instansi pemerintah maupun perusahaan swasta yang dapat dilihat oleh calon pesertanya.

Penulis sebagai salah seorang mahasiswa Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Makassar yang ingin mengetahui lebih lanjut relevansi dan korelasi antara ilmu yang diperoleh pada bangku perkuliahan dengan mengaplikasikannya pada dunia kerja/perusahaan. Instansi yang telah lama didirikan dan tetap bertahan hingga saat ini.

Instansi pemerintah yang dipilih oleh penulis dalam melaksanakan Kuliah Kerja Profesinya adalah PEMKOT DINAS PEKERJAAN UMUM MAKASSAR. Alhamdulillah, penulis diterima untuk melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) dan ditempatkan pada Sekretariat  (Bagian Tata Usaha).

B. Tujuan dan Kegunaan Kegiatan

1. Tujuan Kuliah Kerja Profesi

Berdasarkan pada masalah pokok yang dikemukakan, maka tujuan dari Kuliah Kerja Profesi ini adalah :

a.    Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sebagai dasar perbandingan antara ilmu dan praktek.

b.    Mendidik mahasiswa untuk bersikap rasional dan bekerja secara kelembagaan yang menjunjung tinggi sikap profesionalisme, bermoral, dan beretika.

c.    Untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Profesi.

d.    Untuk menambah pengalaman kerja dan memupuk rasa percaya diri serta tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan tugas.

e.    Untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang professional dan handal dibidangnya masing-masing.

f.     Untuk lebih mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat sehingga terjalin komunikasi antar keduanya.

g.    Membantu proses pembangunan, khususnya pembinaan kesadaran akan kegiatan ekonomi.

h.    Untuk mengetahui sejauh mana instansi pemerintah mengubah paradigma masyarakat (publik) agar lebih di cinta dan dihargai oleh masyarakat.

2. Kegunaan Kuliah Kerja Profesi

Kegunaan dari Kuliah Kerja Profesi (KKP) ini adalah sebagai berikut :

a.    Untuk memenuhi salah satu syarat guna menyelesaikan studi pada program strata satu pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Makassar.

b.    Untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat pada saat kuliah dan diaplikasikan pada saat Kuliah Kerja Profesi (KKP).

BAB II

DESKRIPSI LOKASI KULIAH KERJA PROFESI

A. SEJARAH SINGKAT DINAS PEKERJAAN UMUM KOTA MAKASSAR

Seiring dengan terbentuknya gemeente Makassar 1 April 1906, maka dibentuk pula Dinas Pekerjaan Umum yang waktu itu disebut gemeente worksen dan setelah terjadi perubahan nama gemeente Makassar yaitu berdasarkan Staatablead 1938, nomor 719 Staf Gemeente Makassar Undang-undang nomor 1 tahun 1965 Kotamadya Dati II Makassar dan Peraturan Pemerintah nomor 5 Tahun 1978, tanggal 24 November 1978 berubah menjadi Dinas Pekerjaan Umum Kotamadya Dati II Ujung Pandang.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 1999 teah dilakukan perubahan Kotamadya menjadi kota Makassar yang disosialisasikan terhitung mulai tanggal 13 Oktober 1999 sampai dengan 13 Oktober 2000, hingga sekarang ini dan seterusnya perlu ada langkah konkrit terutama dalam penggunaan nama kota Makassar pada semua fasilitas pemerintah yang mudah terlihat, juga dalam penggunaan naskah dinas, maka Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar. Lalu kemudian pada tahun 2000 sesuai Peraturan Daerah nomor 31 dan Keputusan Walikota nomor 20 tanggal 19 Februari 2001 Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar diubah menjadi Dinas Bina Marga Kota Makassar.

Sejarah Dinas Pekerjaan Umum (Cipta Karya) Kota Makassar dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Makassar nomor 30 Tahun 2000, dan surat Keputusan Walikota Nomor 19 Tahun 2001 Tentang Susunan Organisasi Daerah Kota Makassar.

Dengan ditetapkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2000 Pedoman Organisasi Perangkat dengan persetujuan DPRD Kota Makassar yang berdasarkan ketentuan pasal 60 dan 68 ayat (1) Undang-undang No. 22 Thn. 1999 Tentang Pemerintah Daerah, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas-dinas ditetapkan sesuai dengan Pedoman yang telah ditetapkan Pemerintah. Kemudian pada tanggal 12 September 2005 Dinas Cipta Karya Berubah menjadi Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar sampai saat ini.

B. STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organsisasi Satuan Kerja Perangkat Daerah didasarkan pada Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Makassar (Lembaran Daerah Kota Makassar Nomor 3 Tahun 2009), adalah sebagai berikut :

httt://dpu.makassarkota.go.id/

C. TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Adapun tugas pokok dari masing-masing bagian dari struktur SKPD Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar adalah sebagai berikut :

I. Sekretaris (Bagian Tata Usaha)

1)   Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan pelayanan administrasi bagi seluruh satuan kerja dilingkungan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar.

2)   Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), bagian Tata Usaha mempunyai tugas :

a.    Pengelolaan ketatausahaan;

b.    Pelaksanaan urusan kepegawaian;

c.    Pelaksanaan urusan keuangan;

d.    Pelaksanaan urusan Perlengkapan;

e.    Pelaksanaan urusan umum dan rumah tangga;

f.     Pengkoordinasian perumusan program kerja;

g.    Melaksanakan tugas-tugas teknis dibidang ketatausahaan;

h.    Memberi saran pertimbangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

i.      Menyusun laporan pelaksanaan tugas sebagai bahan evaluasi;

j.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

1. Sub Bagian Umum

1.         Sub Bagian umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyusun rencana, memberi tugas, memberi petunjuk, menilai pelaksanaan tugas bawahan pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dan melaksanakan tugas teknis ketatausahaan, kepegawaian serta kerumahtanggaan;

2.         Uraian tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian :

a.    Menyusun rencana dan program kerja Sub bagian Umum dan Kepegawaian;

b.    Memberi tugas kepada bawahan sesuai bidangnya;

c.    Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;

d.    Melaksanakan tugas teknis Ketatausahaan, Kepegawaian dan Kerumahtanggaan;

e.    Menilai prestasi kerja bawahan;

f.     Memberi saran pertimbangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

g.    Menyusun laporan pelaksanaan tugas;

h.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

2. Sub Bagian Keuangan

1.         Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas menyusun rencana, memberi tugas, memberi petunjuk dan menilai pelaksanaan tugas bawahan pada Sub Bagian Keuangan serta melaksanakan tugas teknis dibidang Keuangan.

2.         Uraian tugas Sub Bagian keuangan :

a.    Menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian Keuangan;

b.    Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidangnya;

c.    Memberi petunjuk kepada bawahan;

d.    Menilai prestasi kerja bawahan;

e.    Melaksanakan tugas teknis dibidang Keuangan;

f.     Memberi saran pertimbangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

g.    Menyusun laporan pelaksanaan tugas dibidang Keuangan;

h.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

3. Sub bagian Perlengkapan

1.         Sub Bagian Perlengkapan mempunyai tugas menyusun rencana kerja serta mengelola Administrasi.

2.         Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud ayat (1), Sub Bagian Perlengkapan menyelenggarakan fungsi :

a.    Menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian Perlengkapan;

b.    Mengumpulkan dan menyusun rencana kerja satuan perangkat daerah;

c.    Menyusun rencana kebutuhan barang perlengkapan dinas;

d.    Membuat laporan Inventaris Barang dan Tata Administrasi Perlengkapan;

e.    Mengumpulkan dan menyiapkan laporan Akuntabilitasi kinerja instansi dari masing-masing satuan kerja;

f.     Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas;

g.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

II. Bidang Bangunan Gedung Pemerintah, Sarana Umum dan Perumahan

1)   Melaksanakan pembinaan dan penyelenggaraan perizinan, pengelolaan, penertiban dan penghunian perumahan serta mengumpulkan, mengelolah, menganalisa data teknis, statistik untuk menyusun rencana dan program dinas.

2)   Melaksanakan rencana kerja mengenai pembangunan, pemeliharaan dan rehabilitasi gedung-gedung dan bangunan milik pemerintah dan mengumpulkan, mengelolah, menganalisa data teknis, statistik program dan evaluasi rencana tahunan.

1. Seksi Pembangunan gedung pemerintah, Sarana Umum dan Perumahan

a.         Melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;

b.         Melakukan konsultasi/koordinasi dengan instansi terkait;

c.         Melakukan Pembinaan terhadap pengusaha  pengembangan perumahan pengelolaan/pengusaha rumah sewa dan rumah kost (pondokan);

d.         Merencanakan penyelenggaraan pengadaan rumah susun pada tanah Negara   yang dibiayai  dari subsidi silang dari lokasi yang diperuntukkan bagi bangunan  komersil;

e.         Menyiapkan bahan penyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP);

f.          Melaksanakan pendataan terhadap program pembangunan gedung/rumah-rumah dinas pemerintah;

g.         Melaksanakan evaluasi kegiatan dalam rangka penyusunan rencana selanjutnya serta  perubahan  program bangunan gedung  pemerintah;

h.         Melaksanakan bantuan teknis pelaksanaan kegiatan pembangunan gedung Negara/pemerintah kota dan rumah dinas;

i.           Melaksanakan kegiatan taksasi bangunan,baik  bangunan pemerintah maupun bangunan swasta/masyarakat;

j.           Melaksanakan administrasi/teknis pelaksanaan pembangunan bangunan gedung baru.

2. Seksi pemeliharaan gedung pemerintah, sarana umum dan perumahan

a.         Melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;

b.         Melaksanakan pendataan fasilitas umum dan fasilitas sosial bagi pengembangan perumahan untuk peningkatan sarana dan prasarana perumahan pemukiman dan penyehatan lingkungan.

c.         Melakukan konsultasi/koordinasi dengan instansi terkait;

d.         Menyusun, menghimpun dan memelihara dokumen yang berhubungan dengan SIP, Surat Izin Usaha Pembangunan Perumahan, Surat Izin Layak Huni, Surat Izin penggunaan bangunan dan surat izin usaha perumahan, rumah sewa dan rumah kost (pondokan), melaksanakan penyuluhan dan pelayanan kepada masyarakat umum tentang tata tertib penghunian, tertib pembangunan dan pemanfaatan bangunan perumahan melakukan inventarisasi terhadap rumah-rumah dinas/rumah penguasaan pemerintah daerah, pengembangan perumahan dan pengusaha pengelolah perumahan rumah sewa dan rumah kost (pondokan) dan pengurusan;

e.         Melaksanakan pendaftaran dan memberikan informasi data antara ketersediaan dan kebutuhan bagi masyarakat;

f.          Memberikan saran dan pertimbangan terhadap pencabutan atau pengalihan/pembebasan, perumahan yang ber-SIP, Pemindahan terhadap penyelenggaraan izin usaha pengelolaan perumahan;

g.         Menyusun rencana pelaksanaan pembangunan/rehabilitasi dan pemeliharaan;

h.         Melakukan survey, pengukuran, desain dan penggambaran terhadap gedung/bangunan dan rumah-rumah dinas pemerintah kota yang diprogramkan pemeliharaan dan perbaikan;

i.           Melaksanakan evaluasi kegiatan dalam rangka penyusunan rencana selanjutnya serta perubahan program bangunan gedung pemerintah;

j.           Menyusun anggaran dan membuat gambar desain bangunan gedung/rumah dinas yang diprogramkan untuk pemeliharaan, rehabilitasi;

k.         Melaksanakan inventarisasi bangunan gedung/kantor pemerintah daerah;

l.           Melaksanakan pemeliharaan dan rehabilitasi gedung dan bangunan milik pemerintah kota.

3. Seksi Penelitian dan Pengawasan Bangunan Gedung Pemerintah, Sarana Umum dan Perumahan

a.         Melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;

b.         Melaksanakan pengumpulan, pemutakhiran, penyimpanan data, dengan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka penyusunan rencana selanjutnya;

c.         Melakukan konsultasi/koordinasi dengan instansi terkait;

d.         Menetapkan harga sewa perumahan, meneliti bdan memproses izin penghunian perumahan, usaha pembangunan perumahan, izin, layak huni, izin penggunaan bangunan serta izin usaha pengelolaan perumahan, rumah sewa dan rumah kost (pondokan);

e.         Melakukan pembinaan terhadap pengusaha pengembangan perumahan pengelolaan/pengusaha rumah sewa dan rumah kost (pondokan);

f.          Meneliti/membuat pertelahan atas masalah gugatan perumahan serta mempersiapkan kawasan siap bangun dan pengkajian atas kebutuhan perumahan;

g.         Melaksanakan pengawasan untuk mencegah timbulnya sengketa di bidang perumahan;

III. Bidang Sarana dan Prasarana Lingkungan

1. Seksi Prasarana Lingkungan

1)   Seksi prasarana Lingkungan mempunyai tugas menyelenggarakan pembangunan dan pemeliharaan prasarana lingkungan perumahan dan pemukiman serta mengumpulkan, megelolah dan menganalisa data teknis, untuk menyusun rencana dan program serta rencana tahunan untuk penyediaan prasarana lingkungan pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar.

2)   Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), seksi Prasarana Lingkungan menyelenggarakan fungsi :

a.         Melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;

b.         Menyusun rencana pelaksanaan pembangunan/rehabilitasi dan pemeliharaan prasarana lingkungan perumahan dan pemukiman;

c.         Melakukan survey, pengukuran, desain, penggambaran dan site plan terhadap kawasan yang diprogramkan untuk peningkatan kualitas lingkungan perumahan dan permukiman.

2. Seksi Sanitasi

1)   Seksi Sanitasi mempunyai tugas menyelenggarakan pembangunan dan pemeliharaan prasarana sanitasi serta mengumpulkan, megelolah dan menganalisa data teknis, untuk menyusun rencana dan program serta rencana tahunan untuk penyediaan prasarana sanitasi dalam rangka menunjang penyehatan lingkungan perumahan dan permukiman pada Dinas Pekerjaan Umum Kota makassar;

2)   Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), seksi Sanitasi menyelenggarakan fungsinya sebagai berikut :

a.         Melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;

b.         Menyusun rencana pelaksanaan pembangunan/rehabilitasi dan pemeliharaan prasarana sanitasi;

c.         Melakukan survey, pengukuran, desain, penggambaran dan site plan terhadap lokasi yang diprogramkan untuk penyehatan lingkungan perumahan dan permukiman melalui penyediaan prasarana sanitasi.

3. Seksi Air Bersih

1)      Seksi Air Bersih mempunyai tugas melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana air bersih pada lingkungan perumahan dan permukiman serta mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data teknis, statistik untuk menyusun rencana dan program analisa pengembangan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan untuk menyusun rencana tahunan seksi air bersih Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar.

2)      Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), seksi air bersih, menyelenggarakan fungsi :

a.         Melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;

b.         Menyusun rencana pelaksanaan Pembangunan/Rehabilitasi dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Air Bersih;

c.         Melakukan Pengumpulan, Pemutakhiran serta Penyimpanan Data Sarana dan Prasarana Air Bersih.

IV. Bidang jalan dan Jembatan

1)        Bidang Jalan Jembatan mempunyai tugas melaksanakan survey perhitungan rencana Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan, Jembatan termasuk trotoar.

2)        Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Jalan dan Jembatan menyelenggarakan fungsi :

a.         Penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan teknis perencanaan umum dan program anggaran pembangunan, melaksanakan studi kelayakan dan penelitian, inventarisasi dan pemetaan, perencanaan teknis pemeliharaan dan pemetaan jalan dan jembatan;

b.         Penyiapan bahan penyusunan rencana dan program pelaksanaan pembinaan pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan;

c.         Penyiapan bahan bimbingan dan pengendalian teknis studi kalyakan pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan;

d.         Pengelolaan dan pengkoordinasian alat berat dan bengkel;

e.         Pengelolaan administrasi urusan tertentu.

1. Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan

1)        Melaksanakan pemantauan dan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan pembagunan jalan, jembatan dan trotoar;

2)        Melaksanakan pengendalian pekerjaan sesuai rencana sehingga pelaksanaan dapat berjalan lancar, efisien, dan efektif;

3)        Mengatur, mendistribusikan tugas-tugas kepada staf;

4)        Menilai prestasi kerja bawahan;

5)        Membuat laporan pelaksanaan tugas, permasalahan dan pemecahan masalah;

6)        Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan oleh atasan.

2. Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan

1)        Melaksanakan rencana kerja seksi pemeliharaan jalan dan jembatan Dinas Bina Marga kota Makassar sesuai rencana yang telah ditetapkan;

2)        Memberikan tugas kepada staf sesuai dengan bidangnya;

3)        Memberi petunjuk kepada staf untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

4)        Menyusun estimasi anggaran pemeliharaan rutin dan rencana tahunan;

5)        Melaksanakan pengawasan, evaluasi dan membuat laporan hasil kegiatan pemeliharaan jalan, jembatan dan trotoar sesuai rencana yang telah ditetapkan;

3. Seksi Penelitian dan Pengawasan

1)        Seksi penelitian dan pengawasan mempunyai tugas melaksanakan pendataan, pemutakhiran, evaluasi dan serta pengawasan jalan dan jembatan.

2)        Uraian tugas seksi penelitian dan pengawasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), seksi penelitian dan pengawasan mempunyai fungsi :

a.         Melaksanakan penyusunan rencana sesuai tugas pokok dan fungsinya;

b.         Melaksanakan pengukuran dan pendapatan dalam rangka pemutakhiran data jalan dan jembatan, serta penyimpanan data;

c.         Menyusun laporan sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai bahan laporan pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan jalan dan jembatan.

V. Bidang Bangunan Air

1)        Bidang bangunan air mempunyai tugas melaksanakan survey perhitungna rencana pembangunan dsan pemeliharaan drainase.

2)        Dalam Melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), bidang Bangunan Air menyelenggarakan fungsi :

a.         Penyiapan Bahan perumusan kebijaksanaan teknis dan program anggaran pembangunan dan pemeliharaan selokan, drainase, kanal dan sungai;

b.         Penyiapan bahan penyusunan rencana dan program survey pembangunan dan pemeliharaan  selokan, drainase, kanal dan sungai;

c.         Penyiapan bahan bimbingan teknis penataan pembangunan dan pemeliharaan selokan, drainase, kanal dan sungai;

d.         Penyiapan bahan bimbingan teknis studi kelayakan dan penataan pembangunan dan pemeliharaan selokan, drainase, kanal dan sungai;

e.         Pengelolaan administrasi urusan tertentu.

f.          selokan, drainase, kanal dan sungai;

1. Seksi Pembangunan Sungai, Kanal dan Drainase

1)        Melaksanakan pengawasan teknis terhadap pelaksanaan pembangunan saluran dan selokan;

2)        Memberi petunjuk pengendalian pelaksanaan kegiatan dilapangan;

3)        Mengatur, mengadakan pembagian tugas kepada staf;

4)        Menilai prestasi kerja bawahan;

5)        Membuat laporan baik hasil pelaksanaan kegiatan maupun hambatan/permasalahan yang dihadapi kepada kepala seksi;

6)        Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan oleh pimpinan.

2. Seksi Pemeliharaan Sungai, Kanal dan Drainase

1)        Melaksanakan rencana kerja seksi Pemeliharaan Sungai, Kanal dan Drainase;

2)        Mendistribusikan tugas kepada staf pemeliharaan Sungai, Kanal dan Drainase sesuai bidangnya agar terlaksana dengan baik;

3)        Memberi petunjuk kepada staf untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

4)        Menyusun estimasi anggaran pemeliharaan Sungai, Kanal dan Drainase baik rutin maupun rencana tahunan;

5)        Melaksanakan evaluasi serta membuat laporan hasil kegiatan pemeliharaan sungai, kanal dan drainase sesuai rencana yang ditetapkan;

6)        Menyusun Laporan hasil pelaksanaan tugas;

7)        Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

3. Seksi Penelitian dan Pengawasan

1)        Seksi Penelitian dan pengawasan mempunyai tugas melaksanakan pendataan, pemutakhiran, evaluasi dan serta Pengawasan Bangunan Air;

2)        Uraian tugas seksi penelitian dan pengawasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), seksi penelitian dan pengawasan menyelenggarakan fungsi :

a.         Melaksanakan penyusunan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;

b.         Melaksanakan pengukuran dan pendapatan dalam rangka pemutakhiran data Bangunan Air, serta penyimpanan data;

c.         Menyusun laporan sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai bahan laporan pertanggung jawaban pelaksanaan tugas Bidang Bangunan Air;

d.         Melaksanakan evaluasi, pengawasan dan penyusunan laporan penyajian data dan informasi terhadap pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengawasan Selokan, Drainase, Kanal dan Sungai;

e.         Mengevaluasi program dalam hal pembangunan dan pemeliharaan sarana bangunan air;

f.          Melakukan konsultasi/koordinasi dengan unit kerja terkait;

g.         Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas;

h.         Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

BAB III

DESKRIPSI LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN


A. Laporan Mingguan Kuliah Kerja Profesi pada PEMKOT DINAS PEKERJAAN UMUM MAKASSAR

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN

Nama / Stambuk                                 :          Hendra Azis / 10573.684.07

Jurusan                                                  :          Akuntansi

Program Studi                                      :          Strata Satu (S1)

Adapun kegiatan yang telah saya laksanakan selama satu minggu mulai tanggal 01 Juli 2010 s/d 03 Juli  2010 adalah sebagai berikut :

Hari/Tanggal Kegiatan
Kamis, 01 Juli 2010
  • Menghadap pada Bapak Kepala Dinas PU Kota Makassar.
  • Perkenalan dengan staf pada bagian Sekretariat.
Jum’at, 02 Juli 2010
  • Belajar mengisi ke agenda Surat Masuk/keluar.
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Sabtu, 03 Juli 2010 L I B U R

Demikian Laporan kegiatan ini kami buat.

Pembimbing Lapangan

Hamka Darwis, SH.

Nip  : 19760423.201001.1.013

Pejabat yang Menilai

Muh. Nurdin, S. Sos.

Pangkat  : Penata Tk. I

Nip  : 19631005.199006.1.001

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN

Nama / Stambuk                                 :          Hendra Azis / 10573.684.07

Jurusan                                                  :          Akuntansi

Program Studi                                      :          Strata Satu (S1)

Adapun kegiatan yang telah saya laksanakan selama satu minggu mulai tanggal 05 Juli s/d 10 Juli 2010 adalah sebagai berikut :

Hari/Tanggal Kegiatan
Senin, 05 Juli 2010
  • Mengisi ke agenda surat masuk/keluar.
  • Mencatat Surat Masuk dan Surat Keluar.
Selasa, 06 Juli 2010
  • Mengetik Laporan Akuntabilitas.
  • Mencatat Surat Masuk dan Surat Keluar.
Rabu, 07 Juli 2010
  • Mengetik Laporan Akuntabilitas.
  • Mencatat Surat Masuk dan Surat Keluar.
Kamis, 08 Juli 2010
  • Mengetik Laporan Akuntabilitas.
  • Mencatat Surat Masuk dan Surat Keluar.
Jumat, 09 Juli 2010
  • Mengetik Laporan Akuntabilitas.
  • Mencatat Surat Masuk dan Surat Keluar.
Sabtu, 10 Juli 2010 L I B U R

Demikian Laporan kegiatan ini kami buat.

Pembimbing Lapangan

Hamka Darwis, SH.

Nip  : 19760423.201001.1.013

Pejabat yang Menilai

Muh. Nurdin, S. Sos.

Pangkat  : Penata Tk. I

Nip  : 19631005.199006.1.001

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN

Nama / Stambuk                                 :          Hendra Azis / 10573.684.07

Jurusan                                                  :          Akuntansi

Program Studi                                      :          Strata Satu (S1)

Adapun kegiatan yang telah saya laksanakan selama satu minggu mulai tanggal 12 Juli s/d 17 2010 adalah sebagai berikut :

Hari/Tanggal Kegiatan
Senin, 12 Juli 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Selasa, 13 Juli 2010
  • Menulis Rekapitulasi izin trayek kedalam agenda izin trayek.
  • Mencatat surat masuk/keluar
Rabu, 14 Juli 2010
  • Mencatat Nomor  surat keluar
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Kamis, 15 Juli 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar
  • Menulis surat masuk kedalam buku kendali  disposisi.
Jumat, 16 Juli 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Sabtu, 17 Juli 2010 L I B U R

Demikian Laporan kegiatan ini kami buat.

Pembimbing Lapangan

Hamka Darwis, SH.

Nip  : 19760423.201001.1.013

Pejabat yang Menilai

Muh. Nurdin, S. Sos.

Pangkat  : Penata Tk. I

Nip  : 19631005.199006.1.001

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN

Nama / Stambuk                                 :          Hendra Azis / 10573.684.07

Jurusan                                                  :          Akuntansi

Program Studi                                      :          Strata Satu (S1)

Adapun kegiatan yang telah saya laksanakan selama satu minggu mulai tanggal 19 Juli s/d 24 Juli 2010 adalah sebagai berikut :

Hari/Tanggal Kegiatan
Senin, 19 Juli 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menulis surat masuk kedalam buku kendali disposisi.
Selasa, 20 Juli 2010
  • Menulis ijin Dispensasi angkutan barang kedalam buku kendali dispensasi
  • Mencatat surat masuk/keluar.
Rabu, 21 Juli 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menulis Rekapitulasi izin trayek kedalam agenda izin trayek
Kamis, 22 Juli 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menulis surat masuk kedalam buku kendali disposisi Kepala Dinas
Jumat, 23 Juli 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menulis surat masuk kedalam buku kendali disposisi Kepala Dinas
Sabtu, 24 Juli 2010 L I B U R

Demikian Laporan kegiatan ini kami buat.

Pembimbing Lapangan

Hamka Darwis, SH.

Nip  : 19760423.201001.1.013

Pejabat yang Menilai

Muh. Nurdin, S. Sos.

Pangkat  : Penata Tk. I

Nip  : 19631005.199006.1.001

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN

Nama / Stambuk                                 :          Hendra Azis / 10573.684.07

Jurusan                                                  :          Akuntansi

Program Studi                                      :          Strata Satu (S1)

Adapun kegiatan yang telah kami laksanakan selama satu minggu mulai tanggal 26 Juli s/d 31 Juli 2010 adalah sebagai berikut :

Hari/Tanggal Kegiatan
Senin, 26 Juli 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Mencatat Nomor  surat keluar (Surat izin Proyek).
Selasa, 27 April  2009
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menulis ijin Dispensasi angkutan barang kedalam buku kendali dispensasi.
Rabu, 28 Juli 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menulis surat masuk kedalam buku kendali disposisi.
Kamis, 29 Juli 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menulis surat masuk kedalam buku kendali disposisi.
Jumat, 30 Juli 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Sabtu, 31 Juli 2010 L I B U R

Demikian Laporan kegiatan ini kami buat.

Pembimbing Lapangan

Hamka Darwis, SH.

Nip  : 19760423.201001.1.013

Pejabat yang Menilai

Muh. Nurdin, S. Sos.

Pangkat  : Penata Tk. I

Nip  : 19631005.199006.1.001

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN

Nama / Stambuk                                 :          Hendra Azis / 10573.684.07

Jurusan                                                  :          Akuntansi

Program Studi                                      :          Strata Satu (S1)

Adapun kegiatan yang telah saya laksanakan selama satu minggu mulai tanggal 02 Agustus s/d 07 Agustus  2010 adalah sebagai berikut :

Hari/Tanggal Kegiatan
Senin, 02 Agustus 2010
  • Upacara KORPRI.
  • Mengisi ke buku Agenda surat masuk/keluar.
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Selasa, 03 Agustus 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Rabu, 04 Agustus 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menulis surat masuk kedalam buku kendali disposisi Kepala Dinas.
Kamis, 05 Agustus 2010
  • Menulis Rekapitulasi izin trayek kedalam agenda izin trayek.
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Jumat, 06 Agustus 2010
  • Menulis ijin Dispensasi angkutan barang kedalam buku kendali dispensasi.
Sabtu, 07 Agustus 2010 L I B U R

Demikian Laporan kegiatan ini kami buat.

Pembimbing Lapangan

Hamka Darwis, SH.

Nip  : 19760423.201001.1.013

Pejabat yang Menilai

Muh. Nurdin, S. Sos.

Pangkat  : Penata Tk. I

Nip  : 19631005.199006.1.001

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN

Nama / Stambuk                                 :          Hendra Azis / 10573.684.07

Jurusan                                                  :          Akuntansi

Program Studi                                      :          Strata Satu (S1)

Adapun kegiatan yang telah saya laksanakan selama satu minggu mulai tanggal 09 Agustus s/d 14 Agustus 2010 adalah sebagai berikut :

Hari/Tanggal Kegiatan
Senin, 09 Agustus 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Selasa, 10 Agustus 2010
  • Menulis Rekapitulasi izin trayek kedalam agenda izin trayek.
  • Mencatat surat masuk/keluar.
Rabu, 11 Agustus 2010
  • Menulis ijin Dispensasi angkutan barang kedalam buku kendali dispensasi.
Kamis, 12 Agustus 2010
  • Menulis ijin Dispensasi angkutan barang kedalam buku kendali dispensasi.
Jumat, 13 Agustus 2010
  • Mengimput laporan semester Penerimaan dan Pengeluaran Barang Pakai Habis.
  • Mencatat surat masuk/keluar.
Sabtu, 14 Agustus 2010 L I B U R

Demikian Laporan kegiatan ini kami buat.

Pembimbing Lapangan

Hamka Darwis, SH.

Nip  : 19760423.201001.1.013

Pejabat yang Menilai

Muh. Nurdin, S. Sos.

Pangkat  : Penata Tk. I

Nip  : 19631005.199006.1.001

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN

Nama / Stambuk                                 :          Hendra Azis / 10573.684.07

Jurusan                                                  :          Akuntansi

Program Studi                                      :          Strata Satu (S1)

Adapun kegiatan yang telah saya laksanakan selama satu minggu mulai tanggal 16 agustus s/d 21 Agustus 2010 adalah sebagai berikut :

Hari/Tanggal Kegiatan
Senin, 16 Agustus 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Selasa, 17 Agustus 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Rabu, 18 Agustus 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar.
  • Merekap Laporan opname Barang pakai habis.
Kamis, 19 Agustus 2010
  • Mencatat Nomor surat keluar.
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Jumat, 20 Agustus 2010
  • Mengetik Laporan Semester I Penerimaan Barang Pakai habis.
Sabtu, 21 Agustus 2010 L I B U R

Demikian Laporan kegiatan ini kami buat.

Pembimbing Lapangan

Hamka Darwis, SH.

Nip  : 19760423.201001.1.013

Pejabat yang Menilai

Muh. Nurdin, S. Sos.

Pangkat  : Penata Tk. I

Nip  : 19631005.199006.1.001

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN

Nama / Stambuk                                 :          Hendra Azis / 10573.684.07

Jurusan                                                  :          Akuntansi

Program Studi                                      :          Strata Satu (S1)

Adapun kegiatan yang telah kami laksanakan selama satu minggu mulai tanggal 23 Agustus s/d 28 Agustus 2010 adalah sebagai berikut :

Hari/Tanggal Kegiatan
Senin, 23 Agustus 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar ke dalam buku agenda.
  • Menyalurkan surat Disposisi ke masing-masing bidang.
Selasa, 24 Agustus 2010
  • Mengetik Laporan Semester I Pengeluaran Barang.
  • Menyalurkan surat Disposisi dari Sekdis ke masing-masing bidang.
Rabu, 25 Agustus 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar ke dalam buku agenda.
  • Menyalurkan surat yg telah disposisi Kadis, ke masing-masing bidang.
Kamis, 26 Agustus 2010
  • Mencatat surat masuk/keluar ke dalam buku agenda.
  • Menyalurkan surat yg telah disposisi Kadis, ke masing-masing bidang.
Jumat, 27 Agustus 2010
  • Menyalurkan surat yg telah disposisi Kadis, ke masing-masing bidang.
Sabtu, 28 Agustus 2010 L I B U R

Demikian Laporan kegiatan ini kami buat.

Pembimbing Lapangan

Hamka Darwis, SH.

Nip  : 19760423.201001.1.013

Pejabat yang Menilai

Muh. Nurdin, S. Sos.

Pangkat  : Penata Tk. I

Nip  : 19631005.199006.1.001

B. DESKRIPSI LAPORAN

Kuliah Kerja Profesi (KKP) yang dilaksanakan pada PEMKOT DINAS PEKERJAAN UMUM MAKASSAR yang beralamat di Jalan Urip Sumoharjo No. 8 Makassar dan ditempatkan pada Bagian Sekretariat (Tata Usaha).

BAB IV

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan dari apa yang didapatkan penulis selama mengikuti Kuliah Kerja Profesi (KKP) dilapangan, bahwa PEMKOT DINAS PEKERJAAN UMUM MAKASSAR sebagai berikut :

1.             Jumlah fasilitas komputer pada kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar masih kurang untuk menunjang keberhasilan kerja Pada Bagian Kesekretariatan.

2.             Pengetahuan para pegawai tentang ilmu komputer khususnya sistem komputer digunakan pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar seperti Microsoft word dan Microsoft excel masih perlu ditingkatkan untuk mempermudah proses pengolahan data.

B. SARAN

Adapun saran-saran dari Penulis, yaitu :

1.               A. untuk pihak Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Makassar selama pelaksanaan Kuliah Kerja Profesi (KKP). Waktu yang diberikan untuk kegiatan sangatlah singkat.

B. perlu memperbanyak misi dengan instansi baik dengan Pemerintah dan Swasta.

2.      Untuk Pihak PEMKOT DINAS PEKERJAAN UMUM MAKASSAR

Selama dua bulan mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) pada Pemkot Dinas Pekerjaan Umum. Untuk mengoptimalkan sistem kerja proses pengolahan data secara efektif dan efisien maka perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

1.             Perlu dilakukan orentasi kerja sebelum ditempatkan (Trainning).

2.             Sebaiknya praktikan selama melaksanakan Praktek KKP tidak hanya ditempatkan pada satu bagian saja tetapi dipindahkan ke bagian yang lain (Rolling) agar memperoleh ilmu dan pengalaman yang maksimal.

3.             Penggunaan sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan sehari-hari masih kurang memadai, dan harus lebih banyak dikembangkan demi pengelolaan Administrasi dan keskretariatan dalam proses kelancaran kegiatan-kegiatan dinas, teutama fasilitas komputer.

4.             Jika memungkinkan mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) diberikan Surat Pengalaman Kerja/Sertifikat.

EVALUASI NILAI KULIAH KERJA PROFESI

Nama                                                    :           Hendra Azis

Stambuk                                              :           10573 684 07

Jurusan                                                 :           Akuntansi

Jenjang Program                                 :           Strata Satu (S1)

Nama Instansi                                    :           Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar.

Lama Praktek                                     :           2  bulan dari Tgl 01 Juli s/d 01 Sept. 2010

Berdasarkan pemantauan kami selama yang bersangkutan melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) pada Instansi kami, maka menurut penilaian kami adalah sebagai berikut :

No. Komponen yang Dinilai Angka Huruf
1. Kedisiplinan
2. Kerajinan
3. Kerjasama
4. Sikap / Prilaku
5. Inisiatif dan Motivasi
6. TanggungJawab
7. Kebersihan
8. Kejujuran
Tata Nilai
Rata – Rata

Demikian dilaporkan hasil penilaian dalam evaluasi Kuliah Kerja Profesi (KKP) ini kami buat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Makassar, 01 September 2010

Mengetahui

Pejabat Yang menilai

Muh. Nurdin, S.Sos

Pangkat : Penata Tk. I

NIP : 19631005.199006.1.001

Interval Nilai (0-100)

85 – 100                  : Sangat Baik            = A

70 – 84                    : Baik                       = B

60 – 69                     : Cukup                    = C

35 – 49                    : Kurang                   = D

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s